Sejawat

Rabu, 02 September 2015

Criticize the Development of Technology

hayoo, gambar apa ini ?? 


Yap! TV. Salah satu kebutuhan yang bukan lagi menjadi termasuk dalam kebutuhan barang mewah karena hampir di setiap rumah pati ada barang yang bentuknya persegi empat ini. coba kalau bisa dicerna, kira-kira kita mau membahas apa ? 
Yap! perkembangan teknologi 

Teknologi menurut saya sudah muncul dari munculnya manusia di dunia. Kenapa manusia?  Karena manusialah yang diberi tanggung jawab untuk mengelola alam yang ditinggalinya ini which means --> our beloved Earth. 

Teknologi diartikan sebagai hasil olah pikir manusia untuk mengembangkan tata cara atau sistem tertentu dan menggunakannya untuk menyelesaikan persoalan dalam hidupnya (Maryono dan Istiana, 2007)

Mengambil contoh sederhana hari kehidupan manusia primitif yang belum memanfaatkan peralatan canggih untuk memenuhi kebutuhannya. Contoh sederhana, manusia primitif menggunakan kulit binatang buruan yang telah dikonsumsi sebagai penutup diri, menggunakan tulang dan gigi binatang serta batu sebagai senjata. They do what they have to do (disaat kemampuan berpikir mereka masih sangat sederhana). How fascinating is that. 


Secara naluri manusia pasti berpikir untuk membuat perubahan yang ditujukan untuk memudahkan segala hal yang dikerjakannya. Maka dari itu perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri atau dihindari. Yang jelas, we're already knew kalau perkambangan teknologi not always brings us such a good impact. contohnya sudah sangat banyak terjadi. Bencana lumpur lapindo merupakan salah satu dampak dari kemajuan teknologi (munculnya teknologi pengeboran minyak untuk mendapatkan hasil yang melimpah) disamping juga mungkin dapat disebabkan oleh kecelakaan kerja. Ada satu hal lagi yang menurut saya sudah dapat dibilang menjadi bencana, yaitu penambangan emas di tembagapura yang ada di Bumi Cendrawasih yang dilakukan oleh (parahnya) perusahaan ASING. Semakin canggihnya peralatan yang merekan gunakan untuk menambang semakin menyakiti "tempat" mereka menambang 



Kalo liat gambat ini, saya cuma bisa bilang it's so damn terrible, i'm so sorry to see that. 

sekian dulu post saya tentang perkembangan teknologi 
saya harap post ini menjadi alert buat semuanya untuk lebih menghargai alam tempat kita tinggal dan berusaha untuk tidak menyakiti, apalagi jika kerusakannya disebabkan oleh ketidakmampuan manusia untuk menahan nafsunya "mengkomersilkan sumber alam (apa lagi yang tidak bisa diperbaharui)"


Daftar Pustaka :
Maryono Y dan B. Patmi Istiana.(2007).Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta:Yudhistira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar