Sejawat

Rabu, 02 September 2015

I'd like to say --> it's about Medical




Mungkin pembaca sudah tidak asing lagi dengan ilustrasi gambar berikut. 

Ya, dokter  merupakan salah satu
tenaga kerja kesehatan yang berkutat dengan keluhan, penyembuhan penyakit, serta upaya peningkatan mutu kesehatan masyarakat.




Dunia Kedokteran mengalami perkembangan yang sangat signifikan sejak pertama kali ilmu kedokteran ini "dikembangbiakkan" 


Perkembangan ilmu kesehatan lain tak lepas dari kedokteran, termasuk bidang perawat dan farmasi. dulu seorang dokter merangkap diri sebagai peracik obat dan perawat, namun seiring dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan maka cabang ilmu kedokteran dapat dipisah-pisahkan, contohnya berkembanganya ilmu keperawatan (meliputi keperawatan jiwa, anak, medikal bedah, geriatri, maternitas, dll), farmasi (meliputi industri dan yang lain), kedokteran gigi, fisioterapi, dan masih banyak yang lainnya. 


Kedokteran dilambangkan dengan satu tongkat yang dililit dengan satu ular. lambang tersebut dinamakan dengan 'staff of aesculapius'. Mengapa tongkat dan ular dijadikan lambang kedokteran? Konon, hal ini mengacu pada zaman kerajaan Yunani kuno di zaman Hippocrates. Di masa Hippocrates, orang-orang yang sakit ditempatkan pada suatu tempat penyembuhan yang diberi nama "asclepieion". di tempat ini, berkeliaran ular yang tidak berbisa. Ular-ular tersebut dipelihara sebagai sarana pengobatan berbagai penyakit. Ular identik dengan hal yang berhubungan dengan kehidupan dan kematian. Bisa (venom) ular bila masuk ke pembuluh darah secara langsung akan mematikan namun bila diminum dapat menyembuhkan beberapa penyakit.



Untuk prospek dari jurusan ini tertunya menjadi seorang dokter, namun tidak menutu kemungkinan seorang dokter juga dapat menjadi seorang pendidik (dosen), ilmuan, dan lain lain 

untuk lebih lanjut bisa ditelusuri lagi di --> kedokteran.umm.ac.id 
tunggu postingan selanjutnya yaaa :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar